Search

Sejarah Televisi

Televisi dapat ditemukan di miliaran rumah di seluruh dunia. Tetapi 100 tahun yang lalu, tidak ada yang tahu apa itu televisi. Bahkan, hingga tahun 1947, hanya beberapa ribu orang Amerika yang memiliki televisi. Bagaimana teknologi terobosan berubah dari penemuan khusus ke ruang tamu?

Televisi Mekanis pada 1800-an dan Awal 1900-an

Sebelum televisi listrik, kami memiliki televisi mekanik.

Televisi awal ini mulai muncul di awal 1800-an. Mereka melibatkan pemindaian gambar secara mekanis kemudian mentransmisikan gambar-gambar itu ke layar. Dibandingkan dengan televisi elektronik, mereka sangat sederhana.

Salah satu televisi mekanis pertama menggunakan disk berputar dengan lubang-lubang yang disusun dalam pola spiral. Perangkat ini dibuat secara independen oleh dua penemu: penemu Skotlandia John Logie Baird dan penemu Amerika Charles Francis Jenkins. Kedua perangkat ditemukan pada awal 1920-an.

Sebelum kedua penemu ini, penemu Jerman Paul Gottlieb Nipkow telah mengembangkan televisi mekanik pertama. Perangkat itu mengirim gambar melalui kabel menggunakan disk logam yang berputar. Alih-alih menyebut perangkat itu televisi, Nipkow menyebutnya sebagai “teleskop listrik”. Perangkat ini memiliki 18 garis resolusi.

Pada tahun 1907, dua penemu – Rusia Boris Rosing dan Bahasa Inggris A.A. Campbell-Swinton – menggabungkan tabung sinar katoda dengan sistem pemindaian mekanis untuk menciptakan sistem televisi yang sama sekali baru.

Pada akhirnya, upaya awal para penemu ini akan mengarah pada televisi listrik pertama di dunia beberapa tahun kemudian.

Televisi Elektronik Pertama Diciptakan pada tahun 1927

Televisi elektronik pertama di dunia diciptakan oleh seorang penemu berusia 21 tahun bernama Philo Taylor Farnsworth. Penemu itu tinggal di sebuah rumah tanpa listrik sampai ia berusia 14 tahun. Mulai di sekolah menengah, ia mulai memikirkan suatu sistem yang dapat menangkap gambar bergerak, mengubah gambar-gambar itu menjadi kode, kemudian memindahkan gambar-gambar itu di sepanjang gelombang radio ke perangkat yang berbeda.

Farnsworth jauh lebih maju daripada sistem televisi mekanis apa pun yang ditemukan hingga saat ini. Sistem Farnsworth menangkap gambar bergerak menggunakan berkas elektron (pada dasarnya, kamera primitif).

Gambar pertama yang pernah ditransmisikan oleh televisi adalah garis sederhana. Kemudian, Farnsworth akan dengan terkenal mengirimkan tanda dolar menggunakan televisinya setelah seorang calon investor bertanya, “Kapan kita akan melihat beberapa dolar dalam hal ini, Farnsworth?”

Antara 1926 dan 1931, para penemu televisi mekanik terus mengubah dan menguji kreasi mereka. Namun, mereka semua ditakdirkan ketinggalan zaman dibandingkan dengan televisi listrik modern: pada 1934, semua TV telah diubah menjadi sistem elektronik.

Maklum, semua sistem televisi awal mentransmisikan rekaman hitam putih dan sekarang kami menikmati TV berwarna di rumah kami untuk nonton film.

Bagaimana Cara Kerja Televisi Dini?

Dua jenis televisi yang tercantum di atas, mekanik dan elektronik, bekerja dengan cara yang sangat berbeda. Kami telah mengisyaratkan bagaimana TV ini bekerja di atas, tetapi kami akan masuk ke deskripsi yang lebih rinci di bagian ini.

Televisi Mekanis

Televisi mekanis mengandalkan disk yang berputar untuk mengirimkan gambar dari pemancar ke penerima. Baik pemancar dan penerima memiliki disk yang berputar. Disk memiliki lubang di dalamnya berjarak sekitar disk, dengan masing-masing lubang sedikit lebih rendah dari yang lain.
Untuk mengirimkan gambar, Anda harus menempatkan kamera di ruangan yang benar-benar gelap, lalu menempatkan cahaya yang sangat terang di belakang disk. Disk itu akan diputar oleh motor untuk membuat satu revolusi untuk setiap bingkai gambar TV.

Televisi Elektronik

Ada alasan kami berhenti menggunakan televisi mekanik: televisi elektronik jauh lebih unggul. Televisi elektronik mengandalkan teknologi yang disebut Cathode Ray Tube (CRT) serta dua atau lebih anoda. Anoda adalah terminal positif dan katoda adalah terminal negatif. Bagian “Katoda” dari Tabung Ray Katoda adalah filamen panas yang tertutup dalam tabung gelas (“T” CRT). Katoda akan melepaskan seberkas elektronik ke ruang kosong tabung (yang sebenarnya merupakan ruang hampa). Semua elektron yang dilepaskan ini memiliki muatan negatif dan karenanya akan tertarik pada anoda bermuatan positif. Anoda ini ditemukan di ujung CRT, yang merupakan layar televisi. Ketika elektron dilepaskan di satu ujung, mereka ditampilkan di layar televisi di ujung lainnya.

Apa itu TV Internet?

Ketika dunia teknologi terus berkembang, internet membantu pemirsa untuk menonton online di luar menggunakan TV. Dengan kemajuan teknologi, kekuatan internet dan TV bersatu. TV Internet mengacu pada tindakan menonton acara televisi dan program TV melalui Internet. Di era digital saat ini, Anda tidak perlu set-top box untuk menikmati acara televisi dan film favorit Anda. Dengan koneksi internet yang andal dan cepat, Anda dapat melakukan streaming atau download gratis acara favorit Anda dan menonton TV online. Tertarik untuk meningkatkan pengalaman hiburan Anda dengan TV di Internet? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan dan fleksibilitas TV Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

poker online judi bola